Korosi Secara umum adalah rusaknya logam akibat pengaruh lingkungan. Secangkir korosi pada besi secara elektrokimia adalah proses pengkaratan atau rusaknya besi akibat teroksidasi oleh udara di sekitarnya, terbentuklah oksida besi ( Fe2O3.nH2O)

img_20170226_223246

Faktor-faktor yang dapat mempercepat korosi:

  1. Air Dan kelembapan udara; udara yang mengandung uap air (lembap) akan mempercepat berlangsung nya proses korosi.
  2. Tidak ratanya permukaan logam; hal ini memudahkan terjadinya pengutuban pada permukaan logam yang selanjutnya akan bertindak sebagai katoda Dan anoda.
  3. Elektrolit; larutan elektrolit akan memudahkan transfer muatan, sehingga elektron lebih mudah terikat oleh oksigen. Larutan elektrolit dapat berupa asam, dan garam.
  4. Terbentuknya SEL elektrokimia; jika terdapat dua logam yang bersinggungan Dan mempunyai beda potensial di lingkungan yang berair. Logam yang potensialnya rendah akan Segera melepas elektron dan akan mengalami oksida dengan oksigen. Hal ini menyebabkan logam yang potensialnya rendah akan cepat rusaknya, sedangkan yang potensialnya tinggi akan awet.

Cara untuk memperlambat korosi: 

  1. Mengontrol lingkungan agar tidak lembab Dan banyak oksigen.
  2. Mencegah logam untuk bersinggungan dengan oksigen di udara. Misalnya: mengecat, memberi minyak/Oli, melapisi dengan Seng ( galvaniser),  melapisi dengan krom, nikel atau timah (elektroplanting), mereaksikan dengan asam fosfat sehingga besi akan tertutup dengan senyawa besi (II) fosfat.
  3. Memberikan perlindungan katodik; yaitu dengan menghubungkannya dengan logam yang potensialnya rendah yang akan menarik oksigen.
Advertisements