Kebijakan apa sajakah yang dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas nilai uang?

Untuk menjaga agar nilai uang tetap stabil, pemerintah perlu mengatur banyaknya uang yang beredar. Hal ini sangat penting karena jika nilai uang stabil maka stabilitas harga akan terjaga Dan pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan baik. Kebijakan-kebijakan pemerintah dalam mengontrol banyaknya uang yang beredar disebut kebijakan moneter (moneter policy). Beberapa kebijakan yang mungkin dilakukan pemerintah adalah sebagai berikut:

  1. Politik Diskonto ; bentuk kebijakan pemerintah dengan cara mengatur tingkat suku bunga. Jika pemerintah ingin menambah uang yang beredar maka pemerintah menurunkan suku bunga, Dan sebaliknya jika pemerintah ingin mengurangi uang yang beredar maka pemerintah akan menaikkan suku bunga.
  2. Politik Pasar Terbuka (open market operation); jika pemerintah ingin menambah uang yang beredar maka pemerintah membeli Surat Surat berharga yang ada di masyarakat. Jika uang yang beredar di masyarakat terlalu banyak dan perlu diturunkan jumlahnya maka pemerintah akan menjual Surat Surat berharga ke masyarakat. Jadi operasi Pasar Terbuka adalah upaya pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar dengan melakukan penjualan dan pembelian Surat Surat berharga.
  3. Pengawasan kredit selektif (moral persuasion), ini adalah bentuk himbauan moral Oleh bank sentral, yang dapat menpengaruhi kebijakan bank bank umum khususnya di bidang perkreditan.
  4. Kebijakan cadangan wajib (cash reserve ratio); bank sentral mewajibkan bank umum untuk menjaga cadangan wajibnya.
Advertisements